Mengenal Celemek Dan Fungsinya

Kategori: Celemek » Shop | 746 Kali Dilihat
Mengenal Celemek Dan Fungsinya Reviewed by celemek on . This Is Article About Mengenal Celemek Dan Fungsinya

Celemek identik dipakai ketika sedang didapur, agar pakaian terlindung dari cipratan minyak, noda dan kotoran lainnya. Tapi sebenarnya tidak hanya itu saja fungsinya. Ayo mengenal celemek dan fungsinya. Apa Itu Celemek ? Apron adalah sebutan lain dari celemek, yang merupakan serapan dari bahasa Perancis yaitu naperon. Arti sebenarnya dari kata‚Ķ Selengkapnya »

Rating: 1.0

Hubungi Kami

Order via SMS

Format SMS : ORDER#NAMA PRODUK#JUMLAH
Pemesanan Juga dapat melalui :
SKU :
Stok Tersedia
Kg
01-01-2018
Detail Produk "Mengenal Celemek Dan Fungsinya"

Celemek identik dipakai ketika sedang didapur, agar pakaian terlindung dari cipratan minyak, noda dan kotoran lainnya. Tapi sebenarnya tidak hanya itu saja fungsinya. Ayo mengenal celemek dan fungsinya.

Apa Itu Celemek ?
Apron adalah sebutan lain dari celemek, yang merupakan serapan dari bahasa Perancis yaitu naperon. Arti sebenarnya dari kata itu adalah serbet. Kain tersebut fungsinya untuk melindungi tubuh dari paparan noda. Pada umumnya celemek dipakai oleh ibu-ibu ketika memasak atau chef di restoran. Celemek memang sangat penting keberadaannya. Tidak hanya sebagai aksesoris dapur semata, tapi juga banyak fungsinya. Bahan untuk pembuatan celemek biasanya tergantung dari fungsi yang ingin didapatkannya. Sebagai contoh untuk celemek yang dipakai saat didapur biasanya terbuat dari material PVC dan kain yang tahan air, minyak dan paparan noda lainnya.

Kalau dilihat dari bentuknya sangat variatif. Ada yang talinya diikatkan di bagian leher, di bagian pinggang atau juga hampir menutupi seluruh bagian tubuh. Jadi Anda bisa memilih model sesuai dengan selera. Untuk warna dan motifnya juga sangat beragam di pasaran. Sebenarnya pemakaian celemek tidak terbatas untuk di dapur saja, tapi juga sudah banyak digunakan oleh paramedis, saat berkebun, bayi, barista, pelayan restoran dan sebagainya.

Fungsi Dari Celemek
Sangat banyak kegunaan dari celemek, sehingga penggunanya semakin banyak. Model, pilihan warna dan motifnya pun kian beragam. Sehingga ada banyak pilihan yang bisa disesuaikan dengan keinginan setiap orang. Nah, apa saja sebenarnya fungsi dari pemakaian celemek?

– Terhindar dari risiko terluka.
Terpapar alat memasak dalam kondisi panas bisa saja terjadi. Tetapi kalau memakai celemek maka risikonya bisa dikurangi atau dihindari. Sehingga perlindungan tubuh lebih terjamin.

– Menjaga pakaian dari paparan noda.
Paparan minyak, kecap, saus, dan sebagainya bisa saja mengenai pakaian dan bisa saja tembus dan menyentuh kulit. Tetapi kalau Anda sudah mengenakan celemek, maka berbagai noda tersebut bisa dicegah masuk ke dalam pakaian.

– Menjaga tubuh dari percikan api.
Api bisa saja menyambar tubuh selama proses memasak. Tetapi dengan mengenakan celemek yang tepat, maka risiko itu bisa dicegah.

– Menjaga pakaian tetap bersih. Karena celemek bisa melindungi dari berbagai risiko paparan noda dan kotoran, maka pakaian akan lebih terjaga kebersihannya.

– Menjaga pakaian dari bau tidak sedap.
Bau kurang menyenangkan bisa melekat pada pakaian setelah memasak. Nah, dengan memakai celemek bau tersebut bisa dikurangi.

– Alat membawa perlengkapan memasak.
Celemek biasanya dirancang dengan berbagai saku di bagian dada, pinggang atau paha. Kegunaan dari saku itu untuk membawa perlengkapan memasak seperti sendok takar, buku resep masakan, bumbu masak dan sebagainya. Tergantung dari kebutuhan setiap orang ketika memasak.

Selain model celemek untuk di dapur, ada pula celemek yang dirancang khusus untuk bayi ketika sedang menyantap makanan. Bentuknya hanya sebatas dada dan terdapat tali yang dilingkarkan ke leher. Bentuk dan motifnya warna warni khas balita. Tujuan utamanya adalah untuk melindungi pakaian bayi agar tidak terkena makanan, yang bisa saja nodanya sulit dihilangkan. Sedangkan model lainnya adalah celemek untuk ibu menyusui. Fungsi utamanya adalah sebagai penutup bagian tengah tubuh ibu ketika sedang menyusui bayinya. Dengan begitu, ibu menyusui bisa melakukan aktivitas itu di keramaian sekalipun. Alat ini sangat mendukung di kondisi mendesak, dan tidak terdapat ruangan khusus untuk menyusui.

Tags: , , ,